Rabu, 07 Juni 2017

Makalah kelompok 10 tentang Rumus dan Fungsi



BAB I
PENDAHULUAN
   A.  Latar Belakang Masalah
Dengan pesatnya kemajuan teknologi pada saat ini, menyebabkan kebutuhan manusia semakin bertambah. Dewasa ini terdapat keterkaitan antara kemajuan teknologi dengan bertambahnya kebutuhan manusia, yaitu kebutuhan manusia menjadi lebih mudah untuk dipenuhi. Jadi secara langsung maupun secara tidak langsung manfaat dari berkembangnya teknologi adalah membantu manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Seperti program aplikasi Microsoft Office, program ini sangat membantu mereka para pekerja kantoran, mahasiswa, pelajar, dan masih banyak lagi. Salah satu bagian dari Microsoft Office adalah Microsoft Office Excel atau disebut juga Lembar Sebar. Program aplikasi pengolah angka ini memudahkan kita untuk melakukan perhitungan serta mengolah data berupa angka yang ada dalam tabel. Dalam Microsot Office Excel banyak sekali fungsi-fungsi tertentu yang masing-masingnya memiliki kegunaan tersendiri.
   B. Perumusan Masalah
a.      Apa pengertian Microsoft excel?
b.      Apa Fungsi dan Rumus Microsoft Excel?
   C. Tujuan penulisan
Penulisan makalah ini dilakukan untuk memenuhi tujuan-tujuan yang diharapkan dapat bermanfaat bagi kita semua dalam menambah ilmu pengetahuan dan wawasan.





BAB II
PEMBAHASAN

  1. Pengenalan Microsoft Excel
Microsoft Excel atau Microsoft Office Excel adalah sebuah program aplikasi lembar kerja spreadsheet yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation untuk sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS. Aplikasi ini memiliki fitur kalkulasi dan pembuatan grafik yang baik, dengan menggunakan strategi marketing Microsoft yang agresif, menjadikan Microsoft Excel sebagai salah satu program komputer yang populer digunakan di dalam komputer mikro hingga saat ini. Bahkan, saat ini program ini merupakan program spreadsheet paling banyak digunakan oleh banyak pihak, baik di platform PC berbasis Windows maupun platform Macintosh berbasis Mac OS, semenjak versi 5.0 diterbitkan pada tahun 1993. Aplikasi ini merupakan bagian dari Microsoft Office System, dan versi terakhir adalah versi Microsoft Office Excel 2007 yang diintegrasikan di dalam paket Microsoft Office System 2007 .Microsoft Excel merupakan perangkat lunak untuk mengolah data secara otomatis meliputi perhitungan dasar,  penggunaan fungsi-fungsi, pembuatan grafik dan manajemen data. Perangkat lunak  ini  sangat membantu untuk  menyelesaikan permasalahan  administratif mulai  yang  paling  sedernaha  sampai  yang  lebih kompleks. Permasalahan sederhana tersebut misalnya membuat rencana kebutuhan barang meliputi nama barang, jumlah barang dan perkiraan harga barang. Permasalahan ini sebenarnya dapat juga diselesaikan menggunakan Microsoft Word karena hanya sedikit memerlukan proses perhitungan, tetapi lebih mudah diselesaikan dengan Microsoft Excel. Contoh  permasalahan yang lebih kompleks adalah pembuatan laporan keuangan (general ledger) yang memerlukan banyak perhitungan, manajemen  data dengan  menampilkan grafik data pivot tabel atau penggunaan fungsi-fungsi matematis ataupun logika pada sebuah laporan. Penyelesaian permasalahan yang komplek juga dapat memanfaatkan pemograman macro yang disediakan oleh Excel agar proses penggunaan lebih mudah.[1]


  1. Menulis Rumus
Operasi Logika Dibawah ini terdapat operasi logika anda dapat menggunakan operasi resali atau perbandingan dengan lambang yang digunakan pada Excel dan.
Menggunakan Fungsi sebenarnya adalah rumus yang sudah disediakan oleh Excel 2003, yang akan membantu dalam proses perhitungan. Kita tinggal memanfaatkan sesuai dengan kebutuhan. Umumnya penulisan Fungsi harus dilengkapi dengan argumen, baik berupa angka, label, rumus, alamat sel atau range. Argumen ini harus ditulis dengan diapit tanda kurung ().
Seperti contoh:
Penjumlahan =SUM - (Blok) - Enter.
Rata-rata =AVERAGE – (Blok) – Enter
Terkecil =MIN – (Blok) – Enter
Terbesar =MAX – (Blok) – Enter
Nilai Tengah =MEDIAN – (Blok) – Enter
 
C.    Fungsi Microsoft Excel
1.      Kalkulasi, dengan program ini kita bisa melakukan kalkulasi atau penghitungan dengan mudah, baik penghitungan yang sederhana maupun dengan rumus -rumus yang sangat kompleks.
  1. Grafik, dengan program ini kita bisa mempresentasikan data kita dalam bentuk grafik yang komunikatif.
  2. Komunikasi, dengan program ini kita juga bisa berkomunikasi dengan pengguna (user) lain.Program ini sudah dirancang untuk bisa saling bertukar informasi dalam bentuk jaringan dimana orang lain bisa membuka lembar kerja kita dari terminal (komputer) yang berlainan,bahkan ia juga bisa melakukan perubahan pada lembar kerja yang sama pada saat yang bersamaan pula.
  3. Internet,suatu saat mungkin kita akan mengirim data dalam bentuk tabel atau grafik pada orang lain di tempat di seluruh dunia,Microsoft Excel bisa melakukanya dengan baik sekali.
  4. Otomatis, dengan Excel kita bisa menggunakan otomatisasi penghitungan data yang kita ketikkan.Dengan perumusan yang benar,maka Excel akan langsung melakukan perubahan secara otomatis terhadap data kita setiap kali mengalami perubahan.
  5. Aplikasi, Microsoft Excel dapat membantu kita merancang aplikasi siap pakai,yaitu dengan fasilitas macro.[2]
Fungsi Logika
Fungsi logika adalah fungsi yang digunakan untuk menyelesaikan perhitungan yang berhubungan dengan pengambilan keputusan fungsi logika yang digunakan adalah:
 1). Fungsi IF
      =IF (Logical-test, value-if-true,value-if-false)
      Contoh : =IF(B1>=60,’’LULUS’’,’’TIDAK LULUS’’)
      2). Fungsi OR
      =OR (Perbandingan 1 ; perbandingan 2 ; ………)
      Contoh : OR(D5=’’A’’;D5=’’B’’;D5=’’C’’)
      3). Fungsi AND
      =AND(Perbandingan 1 ; perbandingan 2 ; ……..)
      Contoh : =AND(D6=A dan E6=6000)
4). Fungsi NOT
      =NOT(perbandingan)
           Contoh : =NOT(FALSE) = TRUE
      Operator Aritmatika
Operasi Matematika
Operator Aritmetika
Penjumlahan
+
Pengurangan
-
Perkslian
*
Pembagian
/
Pangkat
^
 Operator Logika
Operasi Logika
Operator Logika
Sama dengan
=
Tidak sama dengan
<> 
Lebih dari
Lebih dari sama dengan
>=
Kurang dari

 Langkah-langkah membuat fungsi Logika
= Format – insert Function – Category – Logical – If
 













BAB III
PENUTUP

A.    Kesimpulan
Microsoft Excel atau Microsoft Office Excel adalah sebuah program aplikasi lembar kerja spreadsheet yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation untuk sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS.Aplikasi ini memiliki fitur kalkulasi dan pembuatan grafik yang baik, dengan menggunakan strategi marketing Microsoft yang agresif. Selain meng-calculation dengan menggunakan penggunaan Rumus dan Fungsi, Microsoft Excel 2007 juga dapat membuat data tabel yang bila di-print akan menghasilkan hasil yang sama seperti pada Microsoft Word 2007. Kita juga bisa membuat Header dan Footer pada lembaran kita, dan juga kita bisa membuat sebuah grafikdataotomatis.

B.     Saran
Makalah Microsoft Excel 2007 ini masih jauh dari kesempurnaan. Karena itu ,saya menerima kritikan, masukan, dan saran seputar materi yang disajikan dalam makalah ini. saya harap, segala saran dan masukan akan menjadi pengayaan untuk membuat makalah selanjutnya.








DAFTAR PUSTAKA
Dwi maryono-Uji saputro,Teknologi informasi dan komunikasi.PT Tiga serangkai pustaka mandiri 2009.hal 103
http://martogifrans.blogspot.com/2013/01/makalah-msexcel-sebagai-pengolah-angka.html



[1] Dwi maryono-Uji saputro,Teknologi informasi dan komunikasi,.PT Tiga serangkai pustaka mandiri 2009.hal 103

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Makalah kelompok 11 tentang Pivot Table

BAB 1 PENDAHULUAN 1.       Latar Belakang Dengan pesatnya kemajuan teknologi pada saat ini, menyebabkan kebutuhan manusia semak...