Rabu, 07 Juni 2017

Makalah kelompok 7 tentang Dasar-Dasar Power Point



BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Perkembangan presentasi sendiri saat ini telah mengalami berbagai kemajuan. Dari yang bersifat face to face hingga yang bersifat komunal / masa yang melibatkan banyak audience. Oleh sebab itulah perkembangan model yang digunakan untuk presentasi mengalami berbagai macam perubahan. Hingga pada akhirnya yang berkembang saat ini adalah presentasi dengan menggunakan media berbasis IT dengan menggunakan fasilitas dari Microsoft yaitu Power Point. Microsoft Office PowerPoint atau yang lebih dikenal dengan PowerPoint merupakan suatu program yang diciptakan oleh perusahaan dunia yang bergerak dalam dunia pemograman yaitu Microsoft yang berbasis di Amerika serikat yang bertujuan untuk membantu para presenter atau orang yang membawakan presentasi.
PowerPoint diciptakan untuk membantu dalam membawakan presentasi, dan pada makalah kali ini saya akan membahas PowerPoint dalam bidang pengertian, sejarah,cara pemakaian, sistem operasi, fungsi, kompatibilitas, dan versi saja. PowerPoint juga memiliki sejarahnya tersendiri, PowerPoint juga mengalami beberapa pembaharuan yang bertujuan untuk mempermudah user untuk mengoperasikan PowerPoint. Dalam dunia kerja Power Point mungkin sudah tidak bisa dipisahkan lagi karena hampir setiap saat PowerPoint diperlukan, mungkin itu mengadakan rapat dengan mitra kerja atau rapat dengan atasan. PowerPoint juga menjadi hal pokok dalam dalam dunia pendidikan juga, jadi tidak hanya pada dunia pekerjaan saja.




B.     Rumusan Masalah
1.      Apa sejarah dari Microsoft PowerPoint?
2.      Apa pengerti dari Microsoft PowerPoint?
3.      Apa fungsi dari Microsoft PowerPoint?
4.      Apa kelebihan dan kekurangan  Microsoft PowerPoint?
5.      Bagaimana cara membuka Microsoft PowerPoint?
6.      Bagaimana cara membuat Microsoft PowerPoint?
7.      Bagaimana cara menyimpan Microsoft PowerPoint?
8.      Bagaimana langkah-langkah print Microsoft PowerPoint?
9.      Bagaimana langkah-langkah keluar dari Microsoft PowerPoint?
10.  Apa fungsi Icon-Icon Microsoft PowerPoint?
11.  Apa Fungsi-fungsi Tab Microsoft PowerPoint?

C.    Tujuan Masalah
1.      Menjelaskan sejarah dari Microsoft PowerPoint.
2.      Menjelaskan pengertian dari Microsoft PowerPoint.
3.      Menyebutkan fungsi dari Microsoft PowerPoint.
4.      Menyebutkan kelebihan dan kekurangan  Microsoft PowerPoint.
5.      Bagaimana cara membuka Microsoft PowerPoint.
6.      Menerangkan cara membuat Microsoft PowerPoint.
7.      Menerangkan cara menyimpan Microsoft PowerPoint.
8.      Menyebutkan langkah-langkah print Microsoft PowerPoint.
9.      Menyebutkan langkah-langkah keluar dari Microsoft PowerPoint.
10.  Menjelaskan fungsi Icon-Icon Microsoft PowerPoint.
11.  Menjelaskan fungsi-fungsi Tab Microsoft PowerPoint.




BAB II
PEMBAHASAN

A.    Sejarah power point
Ø  Tampilan awal slide dalam program power point

http://4.bp.blogspot.com/-K22qL_tMQZg/Umpiu9au6vI/AAAAAAAABQI/tDwMTlux0Fc/s1600/IC50169.gif

Aplikasi Microsoft Powerpoint ini pertama kali dikembangkan oleh Bob Gaskins dan Dennis Austin sebagai presenter untuk perusahaan bernama Forethoutght, Inc yang kemudian mereka ubah namanya menjadi Power Point.
Pada tahun 1987, Power Point versi 1.0 dirilis, dan komputer yang didukung adalah Apple Macintosh. Power Point kala itu masih menggunakan warna hitam/putih, yang mampu membuat halaman teks dan grafik untuk transparansi overhead projector (OHP). Setahun kemudian, versi baru dari Power Point muncul dengan dukungan warna, setelah Macintosh berwarna muncul ke pasaran.
Microsoft pun mengakuisisi Forethoutght, Inc dan tentu saja perangkat lunak Power Point dengan harga kira-kira 14 juta dolar pada tanggal 31 Juli 1987. Pada tahun 1990, versi Microsoft Windows dari Power Point (versi 2.0) muncul ke pasaran, mengikuti jejak Microsoft Windows 3.0. Sejak tahun1990, Power Point telah menjadi bagian standar yang tidak terpisahkan dalam paket aplikasi kantoran Microsoft Office System (kecuali Basic Edition).
Versi terbaru adalah Microsoft Office Power Point 2007 (Power Point 12), yang dirilis pada bulan November 2006, yang merupakan lompatan yang cukup jauh dari segi antarmuka pengguna dan kemampuan grafik yang ditingkatkan. Selain itu, dibandingkan dengan format data sebelumnya yang merupakan data biner dengan ekstensi *.ppt, versi ini menawarkan format data XML dengan ekstensi *.pptx.


Versi PowerPoint
PowerPoint 1.0
Mac OS classic
T/A
PowerPoint 2.0
Mac OS classic
T/A
PowerPoint 2.0
Windows 3.0
T/A
PowerPoint 3.0
Mac OS classic
T/A
PowerPoint 3.0
T/A
PowerPoint 4.0
Microsoft Office 4.x
PowerPoint 4.0
Mac OS classic
T/A
PowerPoint 7 for Windows 95
Microsoft Office 95
PowerPoint 97
Microsoft Office 97
PowerPoint 98
Mac OS Classic
Microsoft Office 1998 for Mac
PowerPoint 2000
Microsoft Windows 98, Windows NT 4.0, Windows 2000
PowerPoint 2001
Mac OS X
Microsoft Office 2001 for Mac
PowerPoint 2002
Windows 2000/XP
PowerPoint v.X
Mac OS X
Microsoft Office:mac v.X
PowerPoint 2003
PowerPoint 2004
Mac OS X
Microsoft Office:mac 2004
PowerPoint 2007
PowerPoint 2008
Mac OS X
Microsoft Office:mac 2008
PowerPoint 2010
Windows 7 (Disarankan), Windows Vista (Service Pack 2), Windows XP (Service Pack 3) Windows Server 2008Windows Server 2008 R2
Microsoft Office 2010
PowerPoint 2011
Mac OS X
Microsoft Office:mac 2011
PowerPoint 2013
Windows 8 (Disarankan), Windows 7Windows Server 2008 R2Windows Server 2012, Mac OS X (Office 365)
Microsoft Office 2013 & Office 365

Dalam PowerPoint, seperti halnya perangkat lunak pengolah presentasi lainnya, objek teks, grafikvideosuara, dan objek-objek lainnya diposisikan dalam beberapa halaman individual yang disebut dengan "slide".
Istilah slide dalam PowerPoint ini memiliki analogi yang sama dengan slide dalam proyektor biasa, yang telah kuno, akibat munculnya perangkat lunak komputer yang mampu mengolah presentasi semacam PowerPoint dan Impress. Setiap slide dapat dicetak atau ditampilkan dalam layar dan dapat dinavigasikan melalui perintah dari si presenter. Slide juga dapat membentuk dasar webcast (sebuah siaran di World Wide Web).
PowerPoint menawarkan dua jenis properti pergerakan, yakni Custom Animations dan Transition. Properti pergerakan Entrance, Emphasis, dan Exit objek dalam sebuah slide dapat diatur oleh Custom Animation, sementara Transition mengatur pergerakan dari satu slide ke slide lainnya. Semuanya dapat dianimaskan dalam banyak cara. Desain keseluruhan dari sebuah presentasi dapat diatur dengan menggunakaan Master Slide, dan struktur keseluruhan dari prsentasi dapat disunting dengan menggunakan Primitive Outliner (Outline).
PowerPoint dapat menyimpan presentasi dalam beberapa format, yakni sebagai berikut:
*.PPT (PowerPoint Presentation), yang merupakan data biner dan tersedia dalam semua versi PowerPoint (termasuk PowerPoint 12)
*.PPS (PowerPoint Show), yang merupakan data biner dan tersedia dalam semua versi PowerPoint (termasuk PowerPoint 12)
*.POT (PowerPoint Template), yang merupakan data biner dan tersedia dalam semua versi PowerPoint (termasuk PowerPoint 12)
*.PPTX (PowerPoint Presentation), yang yang merupakan data dalam bentuk XML dan hanya tersedia dalam PowerPoint 12.
Mengingat Microsoft PowerPoint merupakan program yang sangat populer, banyak aplikasi yang juga mendukung struktur data dari Microsoft PowerPoint, seperti halnya OpenOffice.org. OpenOffice.org Impress. Impress dan Apple Keynote. Hal ini menjadikan program-program tersebut dapat juga digunakan sebagai alternatif untuk PowerPoint, karena selain tentunya dapat membuka format PowerPoint, aplikasi-aplikasi tersebut tentunya memiliki fitur-fitur yang tidak dimiliki oleh PowerPoint.
Meskipun demikian, karena PowerPoint memiliki fitur untuk memasukkan konten dari aplikasi lainnya yang mendukung Object Linking and Embedding (OLE), beberapa presentasi sangat bergantung pada platform Windows, berarti aplikasi lainnya, bahkan PowerPoint untuk Macintosh sekalipun akan susah untuk membuka presentasi tersebut, dan bahkan kadang-kadang tidak dapat membukanya secara sukses dalam Macintosh. Hal ini mengakibatkan adanya kecenderungan para pengguna untuk menggunakan format dengan struktur data yang terbuka, seperti halnya Portable Document Format (PDF) dan juga OpenDocument dari OASIS yang digunakan oleh OpenOffice.org dan tentunya meninggalkan PowerPoint. Walaupun Begitu, Microsoft sudah melakukan hal serupa saat merilis format presentasi berbasis XML (PowerPoint 12).[1]

B.     Pengertian Microsoft Power point
Microsoft Power Point adalah salah satu program aplikasi keluaran Microsoft Cooperation yang termasuk dalam Microsoft office yang banyak digunakan oleh orang untuk membantu dalam proses presentasi dalam bentuk slide. Aplikasi ini biasa digunakan dalam presentasi, mengajar, dan membuat animasi sederhana.
Dengan adanya Powerpoint, membuat presentasi sangat mudah dan menarik karena didukung dengan fitur fitur yang canggih dan menarik. Dalam penggunaan Microsoft power point biasanya didukung oleh perangkat transparansi proyektor atau biasa disebut OHP ( Over Head proyector ).
Microsoft Power point juga menyediakan template yang dapat digunakan dalam memperindah presentasi. Berbagai macam template dapat dipilh dalam aplikasi Microsoft Power Point.
Ø  Fungsi Microsoft Power Point
Adapun beberapa fungsi dari Microsoft power point seperti yang dibawah ini :
1.      Membuat presentasi dalam bentuk slide-slide.
2.      Menambahkan audio, video, gambar, dan animasi dalam presentasi sehingga presentasi lebih menarik.
3.      Mempermudah dalam mengatur dan mencetak slide.
4.      Membuat presentyasi dalam bentuk softcopy sehingga dapat dengan mudah diakss dan di share melalui perangkat computer.[2]
Ø  Kelebihan Microsoft Office PowerPoint.
1. Penyajiannya menarik karena ada permainan warna, huruf dan animasi, baikanimasi teks maupun animasi gambar atau foto.
2. Lebih merangsang anak untuk mengetahui lebih jauh informasi tentang bahan ajaryang tersaji.
3. Pesan informasi secara visual mudah dipahami peserta didik.
4. Tenaga pendidik tidak perlu banyak menerangkan bahan ajar yang sedang disajikan.
5. Dapat diperbanyak sesuai kebutuhan, dan dapat dipakai secaraberulang-ulang.
6. Dapat disimpan dalam bentuk data optik atau magnetik.
7. (CD / Disket/Flashdisk), sehingga paraktis untuk di bawa ke mana-mana.

Ø  Kekurangan Microsoft Office PowerPoint.
1.      Harus ada persiapan yang cukup menyita waktu dan tenaga.
2.      Jika yang digunakan untuk presentasi di kelas adalah PC, maka parapendidik harusdirepotkan oleh pengangkutan dan penyimpanan PCtersebut.
3.      Jika layar monitor yang digunakan terlalu kecil (14”-15”), makakemungkinan besar siswa yang duduk jauh dari monitor kesulitanmelihat sajian bahan ajar yang ditayangkan di PCtersebut.
4.      Para pendidik harus memiliki cukup kemampuan untukmengoperasikan program ini, agar jalannya presentasi tidak banyakhambatan.[3]
Ø  Cara Membuka PowerPoint
1.      Cara Membuka Microsoft PowerPoint.
2.      Klik Start.
3.      Klik All Programs.
4.      Pilih Microsoft Office 2013.
5.      Pilih PowerPoint 2013.
6.      Tunggu sampai PowerPoint Terbuka Secara OtomatisPilih Template yang Anda inginkan.
7.      Dan anda memasuki tampilan awal Microsoft PowerPoint dan siap untuk bekerja.
https://dwiastuti281.files.wordpress.com/2014/05/13.jpg
Cara Membuat power Point
1.      Klik Tombol Microsoft Office.
2.      Klik New.
3.      Klik Blank Presentation.
Untuk membuat presentasi baru dari template:
1.      Klik Tombol Microsoft Office
2.      Klik New
3.      Klik Installed Templates atau Browse melalui Microsoft Office Online Templates
4.      Klik template yang Anda pilih
Untuk membuat presentasi baru dari presentasi yang ada:
1.        Klik Tombol Microsoft Office.
2.        Klik New.
3.        Klik New form Exsiting.
4.        Kemudian klik Browse untuk presentasi.
Untuk membuat presentasi baru dari outline Word:
1.    Klik slide dimana anda ingin garis besar untuk memulai.
2.    Klik New Slide pada tab Home.
3.    Klik Slides dari Outline.
4.    Browse dan klik Word Dokumen yang berisi outline.

C.    Langkah-langkah Menyimpan PowerPoint

Bila Anda menyimpan presentasi, Anda memiliki dua pilihan: Simpan atau Simpan Sebagai.
Untuk menyimpan dokumen:
1.      Klik Tombol Microsoft Office.
2.      Klik Save.

Anda mungkin harus menggunakan fitur Save As bila Anda perlu menyimpan presentasi dengan nama yang lain atau menyimpannya untuk PowerPoint versi sebelumnya.
Ingat bahwa versi PowerPoint tidak akan dapat membuka presentasi PowerPoint 2007, kecuali jika Anda menyimpannya sebagai Format PowerPoint 97-2003.

Ø Untuk menggunakan fitur Save As:
1.      Klik Tombol Microsoft Office.
2.      Klik Save As.
3.      Ketik nama untuk Presentasi.

D.    Langkah-langkah Print PowerPoint

1.         Buka file Microsoft PowerPoint yang ingin di print.
2.         Lakukan perintah print (Ctrl + P).
3.         Sekarang Anda berada pada window Print.
4.         Pada window Print tersebut, klik Properties.
5.        Sekarang Anda berada pada window baru Canon iP 1800 Series Properties, lalu klik tab Page Setup.
6.         Lalu pada Page Layout: pilih Page Layout Printing.
7.         Lalu di bawah tulisan Page Layout Printing tekan tombol Specif.
8.        Sekarang Anda berada pada jendela baru Page Layout Printing. Pada Pages pilih 4-Page Print, lalu Anda bias mengatur posisi ke 4 slide tersebut pada satu halaman tersebut apakah atas kiri kanan lalu bawah juga kiri kanan dan sebagainya, yaitu pengaturannya di Page Order
9.        Anda juga bias menambah kotak sebagai tanda pemisah pada tiap slide tersebut dengan memberikan tanda conteng Page Border.
10.     Klik OK, sekarang slide Anda siap di print.

E.       Langkah-langkah Keluar PowerPoint
1.          Klik Tombol Tutup
2.         Klik Tombol Office kemudian pilih Close
3.          Gunakan Cara Pintas CTRL+W.[4]

Tampilan Power Point beserta Penjelasannya
Image result for fungsi menu dan ikon pada microsoft powerpoint 2007 beserta gambarnya
F.     Fungsi-Fungsi Icon-Icon PowerPoint
a)      Fungsi office Button
Image result for fungsi menu dan ikon pada microsoft powerpoint 2007 beserta gambarnya
b)     Quick Acces Toolbar dan Customize Acces Toolbar
Image result for fungsi quick access toolbar
Funginya menu customize quick access toolbar adalah menu dropdown yang digunakan untuk menambah atau mengurangi menu yang letaknya bersebelahan dengan tombol office button. Dengan tujuan mempermudah buat sahabat yang ingin menambahkan beberapa menu yang sering digunakan saat berada di halaman kerja microsort office.
a.       Save berfungsi untuk menyimpan file yang dibuat dan diseting
b.      Undo typing berfungsi sebagai perintah untuk membatalkan suatu perintah yang sudah dilakukan sebelumnya.
c.       Redo berfunsi untuk mengulang sesuatu yang telah dibatalan sebelumnya.
c)      Tittle Bar
Berfungsi sebagai judul slide yang sedang didesain. Judul slide ini akan sesuai dengan nama file simpanan dari slide yang sedang didesain.
d)     Control Windows
a.       Minimise Berfugsi tombol untuk memperkil suatu windows.
b.      Maximise berfungsi tombol untuk memperbesar suatu windows.
c.       Close berfunsi untuk menutup suatu jendela.
e)      Tab Outline Panel
Berfungsi untuk melihat oputline dari masingmasing slide.
f)       Slide   Panel
Berfungsi untuk bidang kerja PowerPoint.
g)      Slide Numer
Berfungsi untuk mengetahui jumlah slide yang telah dibuat
h)     Notes
Berfungsi untukbagian yang diklik dari slide yang akan dibuat
i)       View Mode
digunakan  untuk  merubah  tampilan  mulai  dari  normal,  slide  sorter, maupun slide show.
j)       Zoom Slide
Berfungsi untuk memperbesar ukuran slide
k)     Slide
Berfungsiuntuk menampilkan slide kepada para audience, pada microsoft power point
l)       Place Holder
Berfungsi untuk menulis slide yang akan dibuat
m)   Tab Ribon
Berfungsi untuk menjalankan atau membuatnya slide tersebut
n)     Group
Berfungsi untuk membuat link yang ada pada powerpoint tersebut
o)      Ribbon
Berfungsi untuk merancang suatu slide.[5]

G.    Penjelasan tentang bagian-bagian Tab Pada Microsoft PowerPoint
1.      Groups Home
Image result for gambar tab ribbon power point
New Slide : Menyisipkan slide yang baru.
Layout : Menentukan tata letak slide.
Font : Memilih jenis huruf.
Font size : Memilih ukuran huruf.
Grow font : Menaikkan atau memperbesar ukuran huruf (karakter).
Shrink font : Menurunkan nilai ukuran atau nilai karakter.
Clear Formatting : Menghapus format yang telah dikenakan pada teks.
Bold  : Memberikan efek cetak tebal.
Italic : Memberikan cetak miring.
Underline : Menampilkan cetak garis bawah.
Strikethrough : Menampilkan cetak coret dengan garis tunggal.
Shadows : Memberi efek bayangan pada huruf atau teks.
Character Spacing : Mengatur jarak antar karakter.
Change Case : Mengubah huruf dengan fasilitas Case.
Font Colour : Memberi warna pada huruf yang dipilih.
Quick Styles : Memilih bentik tampilan objek yang telah tersedia.
Shape fill : Memberi warna pada objek.
Shape Outline : Memberi warna pada bingkai objek.
Shape effects : Memberi efek pada objek.
Copy : untuk mengcopy atau menggandakan sebuah objek atau text.
Cut : berfungsi sebagai memotong sebuah objek/text, kedua-duanya baik copy maupun paste akan bisa di terapkan dengan fungsi "Paste" tepat di samping kanan menu copy/cut seperti yang terlihat pada gambar di atas.
Painter : berfungsi untuk mengkopi warna yang terpilih yang bisa di terapkan pada objek lainnya dengan cara mengeklik dua kali pada objek yang akan di beri warna tersebut.
New Slide : untuk membuat Slid baru.
 Lay out : untuk mengatur lebar halaman.
Reset : untuk mengembalikan pengaturan layout.
Clipboard, memungkinkan Anda menggunakan tombol copy, paste, cut, dan format painter.  
Slide, didalamnya terdapat tombol add slide, layout, reset dan delete. 
Paragraph, didalamnya terdapat tombol untuk mengatur posisi rataan (alignment), bullet and numbering, line spacing, dan beberapa tombol untuk mengatur paragraph. 
Drawing, didalamnya terdapat tombol Text box, Austoshape, Arrange, Quick Styles, Shape Fill, Shape Outline, dan Shape Effects. 
Editing, didalamnya terdiri dari tombol Find, Replace, dan Select.

2.      Groups insert
Image result for gambar insert power point
Table : Membuat atau menempatkan table pada slide.
Picture : Menyisipkan gambar pada slide presentasi.
Clip Art : Menyisipkan gambar pada slide presentasi.
Shapes : Membuat bentuk, guna melengkapi slide presentasi agar terlihat lebih menarik dan indah.
Smart art : Menampilkan visualisasi dalam bentuk diagram.
Chart : Menyisipkan dan menempatkan grafik dalam slide.
Hyperlink : Menghubungkan antara satu bagian dengan bagian yang lain.
Text box : Menyisipkan teks yang secara langsung tidak dilengkapi dengan bingkai.
Header and Footer : Menempatkan atau menyisipkan footer dan nomor halaman pada slide.
Word art : Membuat variasi teks dengan tampilan lebih menarik.
Date and Time : Menempatkan atau menyisipkan tanggal dan waktu pada slide.
Movie : Menyisipkan movie pada slide.
Sound : Menyisipkan suara pada slide.
Slide number : untuk memberi nomor halaman slide.
Simbol : untuk memberi simbol-simbol matematika.
Objek : untuk memasukkan sebuah objek.
Tables, perintah untuk menambahkan table pada tampilan slide Anda. 
Illustrations, didalamnya terdapat tombol yang bisa Anda gunakan untuk menyisipkan gambar, clipart, photo album, shapes, smartart, dan chart (grafik). 
Links, meliputi tombol yang dapat digunakan untuk membuat link pada slide.
Media Clips, untuk menambahkan file sound (suara) atau movie (film) dalam slide.
3.      Groups Design
Image result for gambar grup design power point
·         Page setup : Mengatur ukuran slide.
·         Slide Orientation : Mengatur orientasi slide.
·         Themes : Menampilkan slide presentasi lebih menarik.
·         Background Style : Mengatur atau memilih motif latar belakang pada slide.
·         Colours: untuk mengatur warna slide.
·         Font : untuk mengatur jenis font.
·         Effect : untuk mengatur effec-effek warna.

4.      Groups Animations
Image result for gambar grup format power point
·         Preview : tombol ini dipergunakan untuk melihat hasil dari animasi yang Andaberikan untuk slide Anda.
·         Animations : Anda dapat memilih animasi bagi objek yang ada pada slide, terdiridari animate dan custom animations.
·         Transition to This Slide : untuk memeberikan slide pada perpindahan slide yang Anda buat.
·         Transition speed : untuk memilih kecepatan.
·          review : untuk melihat hasil sementara.
·         Custome animation : untuk memilih model animasi lebih lanjut, dan memilih salah satu tepat di samping kanannya model-model animasi/pergerakan slide yang anda inginkan Transition sound : yaitu untuk memilih model suara saat slid di putar.
·         Transition speed : untuk memilih kecepatan.
·         Apli to all : menerapkan semua pengaturan ke semua slides.
·         Advance slide : jika anda memilih "On mouse Clik" maka slide akan bergerak jika di klik terlebih dahulu, dan jika anda memilih "Automatically after" maka tanpa anda klik mouse terlebih dahulu sudah bergerak sesuai waktu yang anda isikan.
5.      Groups Slide Show
Image result for gambar slide show power point
·         From beginning : Menjalankan slide mulai dari posisi awal hingga akhir slide.
·         From current slide : Menjalankan slide mulai dari slide aktif atau slide yangsedang dipilih hingga akhir slide.
·         Custom slide show : Mengatur sendiri urutan slide presentasi sesuai dengan keinginan.
·         Set up slide show : Mengatur tampilan slide.
·         Hide slide : Menyembunyikan atau menampilkan slide yang diinginkan
·         Record Narration : untuk merekam narasi.
·         Rehearse Timings : Mengatur lamanya tampilan slide dengan menggunakanwaktu tertentu sehingga slide disajikan tepat waktu sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.
·         Us rehearse timming : jika anda ingin berlatih waktu.
·         Resolution : untuk mengatur sesolusi.


6.      Groups Review
Image result for gambar group Animation power point
·         Proofing : digunakan untuk melakukan pengecekan pada tata tulis yang Anda buatdi slide.
·         Comments : Anda bisa memberikan catatan pada slide yang Anda buat.
·         Protect : Anda bisa menggunakannya untuk melindungi slide presentasi yang Anda buat.
·         Spelling : untuk ejaan.
·         Research : kembali mencari.
·         Thesaurus : Kamus.
·         Translate : penerjamah.
·         Language : Bahasa.
·         Show markup : mengisi acara.
·         New comment : membuat sebuah form comment baru.
·         Edit comment : untuk mengedit comment.
·         Delete : meghapus comment.
·         Previous : Sebelumnya.
·         Next : Selanjutnya.
·         Protect Presentation : Mengunci dokumen.




7.      Group View
https://4.bp.blogspot.com/-D6wgljznEFQ/Vu6SsTxOedI/AAAAAAAAEyQ/8ka8po4iz74SVWv3HIAh943MDdJFWCyDg/s1600/fungsi%2Bfungsi%2Bpada%2Bmenu%2Bview%2Bppt.png
·         Normal : untuk menampilkan slide secara normal.
·         Slide sorter : menampilkan slide yang telah di sortir.
·         Notes page : catatan halaman.
·         Side Show : untuk melihat sementara hasil slide.
·         Slide master : untuk menampilkan slide master.
·         Handout master : untuk menampikan handout master.
·         Notes master : untuk menampilkan nots master.
·         Ruller : menampilkan penggaris.
·         Gridlines : menampilkan garis-garis grid.
·         View direction : melihat arah.
·         Zoom : untuk zoom (memperbesar).
·         Top to windows : menampilkan slide yang cocok.
·         Color : mengatur warna.
·         Grayscale : mode hitam putih.
·         Pure black anda white : hitam putih.
·         New windows : membuat jendela baru.
·         arrange all ; pengaturan semua.
cascade : riam
·         Move split : langkah pemecahan
·         switch windows : beralih ke jendela
·         macros : makro.

8.      Groups Format
Image result for gambar grup format power point
·         Adjust : Menghasilkan tampilan objek gambar yang lebih menarik.
·         Picture styles : Memilih gaya tampilan objek gambar.
·         Crop : Memilih bagian tertentu pada objek gambar tersebut.
·         Shape effct : memberi effec pada shape.
·         Bring to font : menampilkan tulisan yang terbawa.
·         Sent to back : menampilkan di belakang.
·         Selection pane : pane pilihan.
·         Allign : untuk mengatur alligemen.
·         Group : membuat group slide.
·         Rotate : untuk memutar.
·         Shape outline : memberi garis pinggir shape.[6]






BAB III
PENUTUP

A.    Kesimpulan
Microsoft PowerPoint adalah suatu software yang akan membantu dalam menyusun sebuah presentasi yang efektif, professional, dan juga mudah. Microsoft Power Point akan membantu sebuah gagasan menjadi lebih menarik dan jelas tujuannya jika dipresentasikan karena Microsoft PowerPoint akan memudahkan dalam pembuatan slide, outline presentasi, presentasi elektronika, menampilkan slide yang dinamis, termasuk clip art yang menarik, yang semuanya itu mudah ditampilkan di layar monitor komputer. Dalam membuat slide presentation yang harus di perhatikan adalah : New Blank Presentation dan  New From Design Template.
B.     Saran
Semoga makalah ini bisa  membuat pembaca lebih banyak mengerti tentang apa itu power point dan bagaimana cara membuat power point.Sehingga bagi calon pendidik ataupun mahasiswa dapat  memudahkan dalam proses pembelajaran baik menampilkan dalam bentuk diskusi maupun sebagai bahan ajar.




[1]https://www.siswamster.com/2015/11/sejah-Microsoft-PowerPoint. html. Minggu, 19 Maret 2017, Pukul: 14:00.
[4]https:www. Xerilkom.blogspot.co.id/2014/12/cara-membuka-power-point-pwindows7-and-8.html. Sabtu, 19 Maret 2017. Pukul: 10.:15.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Makalah kelompok 11 tentang Pivot Table

BAB 1 PENDAHULUAN 1.       Latar Belakang Dengan pesatnya kemajuan teknologi pada saat ini, menyebabkan kebutuhan manusia semak...