BAB I
PENDAHULUAN
A. LATAR
BELAKANG
Surat adalah media komunikasi dalam bentuk tulisan yang dilakukan oleh seseorang atau lembaga keseseorang atau lembaga lainnya. Banyak kesalahan yang sering kita temukan dalam halnya penulisan surat. Kop surat adalah salah satu bagian yang paling banyak sekali kesalahan. Maka dari itu pembuatan makalah ini akan menjelaskan bagaimana cara membuat kop surat yang
baik. Selain itu pada pembahasan makalah ini juga akan membahas
tentang cara membuat kolom koran yang fungsinya juga sangat penting dalam penulisan
disamping sebagai variasi dalam tulisan juga memberikan ruang yang lebih banyak
di banding dengan menggunakan tampilan normal dengan memanfaatkan ruang antar
kolom memungkinkan naskah yang diketik lebih banyak.
Memberi variasi tampilan yang berbeda dibanding tampilan normal dengan memanfaatkan ruang antar kolom maka naskah akan terlihat berbeda (sedikit lebih beda dari biasanya). Untuk catatan,
tampilan variasi ini jarang digunakan pada naskah - naskah yang bersifat formil.
Memberi efek atau penekanan terhadap suatu naskah dengan menampilan
naskah kedalam kolom koran yang berbeda dari naskah yang lainnya maka perhatian
orang yang melihatnya akan lebih tertuju kepada tampilan kolom koran.
B.
RUMUSAN MASALAH
1. Bagaimana membuat surat yang baik dan benar?
2. Bagaimana membuat kolom koran?
C.
TUJUAN MASALAH
1. Untuk mengetahui cara membuat kop surat yang
benar.
2. Untuk menjelaskan cara membuat kolom koran.
BAB II
PEMBAHASAN
A. Cara
Membuat Kop Surat
Kop surat berfungsi untuk mewakili identitas sebuah lembaga atau perusahaan dalam kaitannya dengan komunikasi melalui surat atau dokumen tertentu. Itu sebabnya pembuatan kop surat haruslah memenuhi elemen-elemen identitas lembaganya seperti nama lembaga, alamat dan nomor kontak baik telepon, email atau website.
Cara paling mudah membuat kop surat adalah melalui Microsoft Word, tutorial ini akan menuntun Anda yang belum pernah membuat kop surat. Saya menggunakan Microsoft Word 2007, tetapi masih cukup relevan dipraktekkan di Microsoft Word 2005,
2006 dan 2010.
- Buat dokumen baru kemudian simpan dengan nama yang sesuai. Kemudian klik dua kali di posisi teratas dokumen untuk mengaktifkan fungsi Header. Di bagian ribbon Design beri tanda centang pada opsi Different First Page. Tujuannya agar kop hanya muncul di halaman pertama.
- Buatlah nama perusahaan Anda, alamat dan sebagainya termasuk sebuah logo. Untuk memudahkan memposisikan logo, klik kanan pada logo kemudian klik Text Wrapping – In Front of Text.
- Setelah urusan teks dan logo selesai, sekarang kita ingin membuat garis di bagian bawah kop sebagai pembatas. Caranya, di paragraph terakhir kop, enter satu kali agar ada satu baris kosong. Nah Anda blok baris kosong tersebut hanya di baris tersebut perhatikan gambar di bawah ini.
- Kemudian klik menu border, tanda jarum yang di sebelah kanan Andaya, bukan kotak garisnya.
- Di jendela borders and shading, tentukan lebar garis sesuai kebutuhan kemudian klik posisi garis dan terakhir klik OK.
- Nah, seperti ini jadinya.
- Membuat garis bias juga menggunakan fungsi Shape, caranya klik menu Insert – Shapes dan pilih jenis line atau garis.
- Lalu klik dan tarik di posisi yang tepat, cara ini agak sulit dan butuh kehati-hatian. Bentuk awalnya masih seperti ini. Sesuaikan lagi dengan melanjutkan kelangkah berikutnya.
- Dengan kursor aktif berada di garis tadi, Anda pastilah berada di menu Format. Di bawah menu tersebut ada menu Shape Outline, klik dan di sana akan ada pilihan warna, kemudian ada pilihan Weight yang dapat Anda pergunakan untuk mengubah ketebalan garis.
- Di sisi paling kanan Anda terdapat kotak yang nilainya bias Anda ubah untuk menyesuaikan posisi garis. Silahkan dicoba-coba untuk mengetahui masing-masing fungsi.
- Dan ini adalah hasil akhir kop surat yang baru saja kita buat.
·
Demikianlah tutorial membuat kop
surat menggunakan Microsoft Word 2007.
B. Cara Membuat Kolom Koran
Pernahkan Anda melihat secara detail
konten dari koran, jurnal atau majalah? Konten di koran, jurnal atau majalah disajikan dalam bentuk kolom-kolom. Konten
di media cetak tersebut mengalir dari bagian bawah kolom yang satu kebagian atas kolom berikutnya.
Model tulisan kolom ini umumnya banyak digunakan untuk membuat brosur produk atau brosur pemasaran.
Microsoft Word sebagai salah satu aplikasi pengolah
kata (word processor) juga memiliki fitur untuk membuat kolom koran (news paper
columns). Dengan fitur ini, Anda dapat membuat model
konten yang bisa menyerupai
model konten yang terdapat pada koran, jurnal atau majalah.
Berikut ini adalah langkah-langkah
yang dapat diikuti untuk membuat kolom koran di Microsoft Word:
Jalankan aplikasi Microsoft Word dan buka dokumen yang akan dibuat kolom koran.
Blok (sorot) terlebih dahulu tulisan yang akan dibuat kolom koran. PastikanAnda berada
di tab Page Layout dan kemudian klik tombol berlabel
Columns. Dari daftar drop-down Anda dapat melihat pilihan model kolom. Anda dapat memilih salah satu atau pilih More Columns untuk menentukan pemformatan sendiri.
Apabila Anda memilih More Columns, maka jendela Colums ditampilkan. Pilih tombol berlabel Two di kelompok Presets, tentukan Width dan Spacing di
kelompok Width and spacing dan kemudian kliktombol OK untuk mengakhiri.
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Cara membuat kop surat yang benar adalah aktifkan fungsi header dibagian
ribbon design kemudian beri centang pada opsi different first page
lalu buatlah nama perusahaan anda kemudian klik untuk memposisikan logo lalu klik kanan kemudian klik text wrapping in
front of tex tsetelah
text dan logo selesai selanjutnya memebuat garis dibawah kop surat caranya diparagrap terakhir dienter satu kali agar ada garis kosong lalu blok garis kosong tersebut kemudian klik menu border jarum sebelah kanan dijendela borders tentukan lebat garis yang dibutuhkan kemudian klik posisi garis lalu klik ok untuk membut garis bias menggunakan fungsi shape caraklik
menu insert shaper lalu pilih jenis garis untuk mengubah warna klik shape outline kemudian
weight untuk mengubah ketebalan garis. Kemudian untuk membuat kolom koran adalah klik tab page layout dan klik tombol columns lalu pilih kolom yang diinginkan.
B.Saran
Makalah ini sangat banyak kesalahan baik dari segimateri maupun dari segi penulisan.
[1]http://www.termasmedia.com/aplikasi
microsoft office word/356membuatkolomkoran
newspaper colums di Microsoft word.html. jumat,17 maret 2017. Pukul 14:00
Tidak ada komentar:
Posting Komentar