Rabu, 07 Juni 2017

Makalah kelompok 3 tentang Cara Membuat dan Mengedit Tabel dan Cara Membuat Tabel Equation



1
BAB II
PEMBAHASAN
A.        Cara Membuat Dan Mengedit Tabel Pada Microsoft Word
Tabel adalah daftar berisi ikhtisar dari sejumlah fakta dan informasi. Biasanya fakta atau informasi hanya berupa nama dan bilangan yang terususun dalam urutan kolom dan baris. Tabel merupakan alat bantu visual, di samping  grafik dan peta. sdan lebih menarik daripada dengan kata-kata. Selain itu tabel juga  berfungsi untuk mendukung penulis menyampaikan ide atau gagasan sehingga dapat memengaruhi dan meyakinkan pembaca.
Cara membuat tabel pada program Microsoft word sangat mudah, tapi bagi yang belum tahu caranya, membuat tabel mungkin bias sangat sulit bagi mereka yang belum bias membuat tabel tidak perlu bingung, dengan mengikuti panduan di bawah ini :
1.       Buka program Microsoft word pada computer.
2.      Kemudaian klik Menu Table-insert-Table… seperti gambar di bawah ini :

Cara membuat tabel
3.      setelah kamu klik tabel, nanti akan muncul jendela seperti di bawah ini :

Cara membuat tabel
Number of column adalah untuk menentukan jumlah kolom, sedangkan untuk number of row adalah untuk menentukan jumlah baris, masukkan angka sesuai dengan kebutuhan.
contoh di atas adalah dengan jumlah sebanyak 5 kolom dan 10 baris, setelah memaskkan angkanya. klik OK. maka tabel akan muncul seperti dibawah ini :
Cara membuat tabel
Setiap kali membuat tabel, bentuk tabel akan rata memenuhi jendela microsoft word, untuk mengecilkan dan melebarkan kolom tabel caranya adalah dengan mengarahkan mouse pointer kamu pada garis kolom yang ingin kamu geser, arahkan mouse pointer hingga berubah menjadi panah dengan dua arah kanan kiri. klik dan tahap pada garis kolom, kemudian tarik ke kanan atau ke kiri sesuai dengan kebutuhanmu. agar lebih jelas perhatikan gambar di bawah ini :

Cara membuat tabel
Merge Cells
Menu merge cells (atau menggabungkan cells) bisa digunakan jika ingin membuat tabel yang berbentuk seperti ini :
membuat tabel
Contoh tabel di atas adalah menggunakan merge cells, yaitu menggabungkan kolom atau baris menjadi satu, caranya adalah :
1.      Siapkan tabel kerja.
2.      Blok kolom atau baris yang ingin di gabungkan, (cara meng blog adalah dengan klik dan tahan mouse pointer pada salah satu kolom atau baris kemudian geser mouse
Pointer kea rah kolom lain) misalnya seperti gambar di bawah ini :
 membuat tabel
3. Kemudian setelah diblok, klik menu Table, Merge Cells

membuat tabel
3.      Maka hasilnya adalah seperti ini :

membuat tabel
Langkah di atas adalah untuk menggabungkan dua baris menjadi satu, untuk menggabungkan kolom pun juga sama, kamu tinggal menge blog kolomnya dan kemudian pilih menu merge cells seperti contoh diatas.[1]


B.        Cara Membuat Equation
Equation editor adalah sebuah aplikadi MS OFFICE WORD yg fungsinya membantu kita dalam membuat rumus-rumus matematika,persamaan,akar pangkat kuadrat,rumus kimia,dan sejenisnya. Equation atau persamaan, merupakan pernyataan atematis yang sering dijumpai oleh seorang murid, guru, peneliti atau lainnya. Ketika mereka membahas perihal matematika. Penulisan sebuah equation atau persamaan pada sebuah dokumen secara manual adalah hal mudah. Cukup menuluskannya dengan bullpen di buku atau lainnya. Namun lain halnya ketika anda menulis equation pada sebuah dokumen Microsoft word. Cara penulisannya tidak dapat menggunakan cara manual seperti hal yang di lakukan ketika menuluskannya menggunakan bullpen. Sebagian orang ada yang menggunakan fitur shape untuk menuluskan equation dan ada pula yang lebih memilih menuluskannya dengan bullpen saja. Sebenanya untuk menulis sebuah equation di Microsoft word tidaklah sulit ketika sudah mengetahui langkah-langkahnya. cara penggunaan equation.
Jika anda ingin menampilkan sebuah rumus dan fungsi matematika seperti logaritma,eksponen,integral dan lainnya ke dalam dokumen word anda dapat menggunakan simbol equation pada saat mengetik rumus,maka Equatin Editor akan memfomat secara otomatis setiap elemen rumus yang anda inginkan dan langsung dapat disisipkan pada dokumen.

Untuk memulai nya adalah sbb:
  1. Klik tombol equation pada ribbon insert pada group symbol.sehingga akan timbul pilihan rumus yg disediakan.
  2.  pilih salah satu rumus yg tersedia atau tidak anda dapat membuat rumus sendiri dengan cara  mengklik insert new equation. 
  3.  kemudaian akan tampil equation tools,pada group Structrures akan ada beberapa pilihan struktur rumus  yang dapat Anda pilih dan isikan..
  4. setelah itu klik diluar area rumus yang anda buat,maka rumus yang tadi langsung disisipkan pada dokumen anda.
 Di bawa ini akan dipaparkan cara membuat equation di microsoft word :
1.      Buka Microsoft Word
2.      Klik “insert”


3.      Klik “Equation”
4.      Klik “New Equqtion”
5.      Kemudian klik model persamaan atau equation yang ingin di gunakan, selanutnya bias mengedit isi persamaan secara manual.

6.      Bila ingin menambahkan symbol ke persamaan, silahkan klik symbol-symbol yang telah tersedia. Gunakan tanda panah di samping kotak symbol untuk melihat jenis symbol lebih banyak.[2]


BAB III
PENUTUP

A. Kesimpulan
Cara membuat tabel pada program Microsoft word
program Microsoft word pada computer.
klik Menu Table-insert-Table
Menu merge cells (atau menggabungkan cells)
Equation atau persamaan, merupakan pernyataan atematis yang sering dijumpai oleh seorang murid, guru, peneliti atau lainnya. Ketika mereka membahas perihal matematika.

B.  Saran
1.      Kita harus mengenal lebih jauh tentang Microsoft word office dan perkembangannya hingga sampai saat ini, agar kita tidak krtinggalan jaman.
2.      Pemerintah kiranya dapat lebih cermat memperhatikan fasilitas yang ada dikampus seperti lab komputer baik gedung dan perangkatnya
3.      Jika dibutuhkan pengajar dapat menyiapkan turitorial guna mempermudah proses pembelajaran.
4.      Tata letak computer harus ditur baik guna kenyamanan para mahasiswa SUMBER DATA.



[1] http://belajar-komputer-mu.com/2017/03/20/(13:05)/cara-membuat-tabel-pada-microsoft-word/

[2] http://mword9.blogspot.co.id/2017/03/20/(13:47)/membuat-equation.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Makalah kelompok 11 tentang Pivot Table

BAB 1 PENDAHULUAN 1.       Latar Belakang Dengan pesatnya kemajuan teknologi pada saat ini, menyebabkan kebutuhan manusia semak...